Cerita Islami Anak Sholehah Mencintai Subuh By Khaelani

Ads:
CERITA ISLAMI ANAK SHOLEHAH MENCINTAI SUBUH
Penulis: Khaelani

Embun pagi mulai turun sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Tumbuh-tumbuhan bermetamorposa atas kekuasaan Allah, mereka bertasbih memuji keagungan Allah SWT tiada henti. Karena perantara tetesan embunlah yang membuat tumbuhan tumbuh di dunia ini, guna untuk khidmat kepada manusia. Mengeluarkan manfaat bagi manusia, tumbuhan bisa berbuah untuk manusia dari berbagai macam bentuk, berbagai macam rasa, warna dan lainnya.

Bukan hanya tumbuh-tumbuhan yang khidmat kepada manusia di bumi ini, hewan pun ikut serta melayani manusia. Salah satunya ayam, ia bangun pagi-pagi sebelum manusia terbangun, ayam berkokok untuk membangunkan manusia dalam lelapnya tidur. Karena itulah gadis cantik anggun nan rupawan ini tersontak bangun dari tidurnya ketika ayam berkokok pertanda rahmat Allah SWT dan para malaikat turun kebumi di sepertiga malam. Kebiasaannya adalah tatkala ia bangun dari tidurnya di atas tempat tidurnya ia terbangun memanjatkan do’a “Alhamdulillahiladzi ahyana ba’damaa amatana wailahinnusyur” . Karena Allah SWT yang mengatur kehidupan kita sampai kematian kita, itu sudah menjadi ketetapan-Nya dan kita tinggal menjalankan sesuai dengan tuntunan ajaran utusanNya yaitu Nabi Muhammad SAW sampai takdir yang tetapkan.

***

Cerita Islami Anak Sholehah Mencintai Subuh By Khaelani
Cerita Islami Anak Sholehah Mencintai Subuh By Khaelani

Episode Cerita Islami Sebelumnya:


Setelah memanjatkan doa, Ovi melangkahkan kakinya ke kamar mandi, untuk bersuci. Sebelum taqorub ilallah di sepertiga malam ini, ia membersihkan dirinya sesuai dengan syariat yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW . “ Allah tidak menerima shalat seseorang bila Ia berhadats, sampai Ia berwudhu’ “ ( HR Baihaqi, Abu Daud, dan Tirmizi )

Kemudia Ovi mulai tersungkur di atas sajadah, melaksanakan sunnah qiamulail yaitu shalat tahajud, tilawatil qur’an dan dzikir sampai kumandang adzan subuh berkumandang.

Suara adzan terdengar dibarengi suara ketukan pintu kamar Ovi.
“ttooookk toookk tookk” Suara pintu
“Teteh bangun teh?” Suara gadis
“Iya, teteh udah bangun dari tadi ko” Jawab Ovi sambil membuka pintu kamarnya 
Ternyata yang mengetuk pintu kamarnya adalah adik kandung Ovi yang bernama Siti Khoirotul Hisan. Ovi memiliki 3 saudara kandung, yang pertama laki-laki bernama Muhammad Zainul Muhibbin, yang kedua perempuan Siti Khoirotul Hisan dan yang ketiga Muhammad Fadhli Hidayat. Ovi terlahir dari keluarga yang berprinsif teguh terhadap agama. Abi dan Umi nya selalu mendidik anak-anak mereka dengan taqwa kepada Allah SWT Tuhannya, mengabdi kepada Nabi Muhammad SAW rosulnya, bangga terhadap Islam agamanya, dan menebar kasih sayang kepada sesama saudaranya.

***

Meski sederhana rumah Ovi terasa nyaman, belakang rumahnya terdapat mushola Al Munawwar yang setiap harinya selalu ramai di penuhi orang-orang sholeh dan sholehah. Mereka datang sebagai jama’ah musola Al Munawwar untuk beribadah di tempat yang mulia, warisan nenek moyang keluarga Ovi, meskipun mushola keluarga namun masyarakat setempat banyak yang berjamaah di mushola Al Munawwar yang kini di imami oleh bapaknya Ovi.

Antusias jama’ah disana sangat tinggi, kesadaran untuk menunaikan kewajibannya sebagai umat muslim menjalankan shalat fardu memang sudah melekat dihatinya, bahkan begitu mudahnya mereka berbondong-bondong shalat subuh berjama’ah. Dijaman sekarang ini memang sangatlah sulit kita jumpai hal seperti itu, padahal Rosulullah telah mengajarkan kepada kita:

Dari Ibnu Umar, bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Shalat berjama’ah mengungguli shalat sendirian dua puluh tujuh derajat.” (HR. Bukhori dan Muslim)

 “Malaikat-malaikat siang bergantian mendampingi kalian dengan malaikat-malaikat malam, dan mereka berkumpul pada waktu sholat Subuh dan Ashar. Setelah itu, malaikat yang semalaman menjaga kalian naik ke langit, lalu Allah bertanya kepada mereka – dan Dia lebih tahu tentang mereka-, ‘Bagaimana kalian tinggalkan hamba hamba Ku?’ Mereka menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan sholat, dan kami datang kepada mereka ketika mereka sholat,” (HR Bukhari)

Fadilah shalat berhamaah:

  • Dijauhkan dari Sifat Munafik

“Shalat yang dirasakan paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaannya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak. Sungguh aku berkeinginan untuk menyuruh seseorang sehingga shalat didirikan, kemudian kusuruh seseorang mengimami manusia, lalu aku bersama beberapa orang membawa kayu bakar mendatangi suatu kaum yang tidak menghadiri shalat, lantas aku bakar rumah-rumah mereka.” (HR. Al-Bukhari no. 141 dan Muslim no. 651)

  • Mendapatkan Keutamaan Shalat Sepanjang Malam

“Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)

  • Dilapangkan Rezeki

Pernah suatu ketika Nabi SAW shalat subuh. Begitu selesai, beliau pun kembali ke rumah dan mendapati putrinya Fathimah ra sedang tidur. Kemudian beliau pun membalikkan tubuh Fatimah dengan kaki beliau, kemudian mengatakan kepadanya, “Hai Fathimah, bangun dan saksikanlah rezeki Rabb-mu karena Allah membagi-bagikan rezeki para hamba antara shalat subuh dan terbitnya matahari.”(H.R. Baihaqi).

  • Kunci Kemenangan

“Rasulullah apabila hendak menyerbu suatu kaum, beliau menundanya hingga tiba waktu subuh.” (HR Bukhari) Dikisahkan pasca meletusnya perang Mesir-Israel tahun 1973 ada seorang tentara Mesir yang mengajak berbicara tentara Yahudi yang paham bahasa Arab. Tentara Mesir itu berkata, “Demi Allah, kami akan memerangi dan mengalahkan kalian sampai ada di antara kalian yang bersembunyi di balik pohon dan batu, kemudian pohon dan batu itu mengatakan,’hai hamba Allah, hai muslim, ini ada Yahudi di belakangku, ke mari dan bunuhlah dia.’” Tentara Yahudi menjawab, ”Semua itu tidak akan terjadi sebelum shalat subuh kalian sama dengan shalat Jumat.”

  • Lebih Baik daripada Dunia dan Seisinya

“Dua rakaat shalat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.” (HR. Muslim 725).

  • Shalat Subuh adalah Penyelamat dari Neraka

“Tidak akan masuk neraka, orang yang melaksanakan shalat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya,” (H.R. Muslim)

***

Bada shalat subuh berjamaah, Ovi berdzikir hingga waktu fajar (terbitnya matahari) hingga sempurnanya matahari terbit.

Sekitar pukul 06.00 WIB ketika di rumah Ovi selalu rajin membersihkan halaman rumah yang di penuhi pepohonan hijau nan rindang khas pegunungan. Uminya sangat senang menanam bunga dihalamannya hingga jadi hobi menurun keanak-anaknya terutama Ovi dan Susan (Panggilan kecil Siti Khoirotul Hisan adik Ovi) anak perempuan yang terwarisi kebiasaan ibunya menanam dan merawat bunga. Hampir setiap harinya ia jaga dan rawat hingga tak terasa halaman rumahnya terlihat indah seperti taman bunga.

Selesai bersih-bersih halaman dan isi rumah Ovi membantu Umi menyiapkan masakan untuk sarapan pagi. Masakan khas daerah pegunungan yang selalu bikin kangen Ovi ketika ia berada di kota jauh di rumahnya adalah masakan Uminya. Memang sudah menjadi anugrah Ovi memiliki Umi yang pandai memasak meskipun Ovi sendiri masih belajar untuk memasak, sampai Susan adiknya sering ngeledekin.

“Aku gak mau makan kalau teteh yang masak” Celoteh Susan
“Kenapa emang dengan masakan teteh?” Tanya Ovi
“Masakan teteh mah gak seperti masakan Umi, kadang teteh kalau masak terasa asin” Jawab Susan
“Itu tandanya kakakmu sudah pengen cepet-cepet nikah,hehee” Saut Umi
“Ahh... umi percaya aja sama takhayul itu, aku kan masih belajar bikin masakan kaya masakan Umi” Kata Ovi
“Iya, Insya Allah kalau kamu masak penuh dengan rasa Cinta dan Ikhlas, sentaiasa Sholawat kepada Nabi dan memuliakan makanan, apa pun yang kamu masak akan terasa enak. Dan yang terpenting masakan itu baik dan halal” Jelas Umi.


To Be Continue

_____
Semoga bermanfaat certia islami keistimewaan cinta subuh. Dan semoga kita dimudahkan untuk shalat subuh berjamaah memenuhi kewajiban kita sebagai umat muslim. Nantikan cerita islami selanjutnya hanya di blog cerita dejavu.

Tentang Penulis:
Nama: Khaelani
Alamat: Cirebon
Hobi: Penulis, Produksi Musik
Facebook: Muhammad Abdillah

Cerita Terkait

Cerita Islami Anak Sholehah Mencintai Subuh By Khaelani
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan cerita di atas? Silakan berlangganan gratis via email

FANSPAGE