Maaf Ana By Dessy Aswida F

Ads:
MAAF ANA 
Penulis : Dessy Aswida F

Kesal ! Kesal ! Ah ! Hari ini apes banget. Mood gue hari ini lagi jelek. Gue mengumpat dalam hati sambil berjalan menuju parkiran sekolah. Tempat yang selalu nenangin gue selama di sekolah. Hari ini sumpah gue lagi bad-mood banget. Aha, nama gue Egy. Simple plus keren. Tahun ini gue kelas 3 SMA. Anak – anak bilang gue keren dan dewasa. Tapi bagi gue biasa aja. Gue gak punya teman yang bisa gue sebut sahabat. Ini mungkin penyebab gue selalu menyendiri dan lebih merasa kesepian.

Gue udah nyampek di parkiran sekolah. Hanya ada gue sendirian karna belum waktunya bel istirahat pertama. Gue duduk di atas sepeda motor. Parkiran sekolah gue di samping kiri kanan di apit 2 kelas, di belakangnya toilet. Tempat duduk gue sekarang menghadap lapangan futsall dan lapangan vollyball. Di depan parkir juga ada dua pohon rindang yang nyaman buat berteduh. Sampai gue kelas 3, tapi gak pernah tau nama pohon itu. Biarpun hampir setiap harinya gue duduk di parkiran ini.
Hari ini gue kesal karna guru fisika banyak celotehnya. Padahal gue udah nyatat sampai tamat ntuh buku. Dari pada gue dengerin omongan basinya gue putusin buat cabut. Angin pagi masih terasa sejuk buat kulit gue yang rada sensitif.
“Oi ! bukain. Jangan ngurungin gue di sini,” suara cewek minta tolong. Kepala gue mutar-mutar cari asal suara barusan. Aha cewek terkurung dalam toilet. Siapa yang jahil banget ngurung anak cewek jam segini? Tanya gue dalam hati sambil gue bukain pintu toilet yang di kunci dari luar.
“Siaa…la..n,” kata cewek yang barusan gue tolongin.
“Oh, sorry. Tapi sumpah bukan gue pelakunya,” balas gue yang langsung membalikkan badan terus duduk di tempat semula.
“Eh, loe jangan marah. Gue fikir teman gue yang bukain pintu barusan. Gue minta maaf dan thanks udah tolongin gue.”
“Iya tau. Udah masuk gih, nanti loe kena marah lagi sama guru,” kata gue sambil berjalan meninggalkan tempat parkiran. Ketenangan gue udah terganggu. Gue berjalan ke arah kantin, kerongkongan gue tiba – tiba ngerasa haus.

Sekolah usai. Gue paling pertama yang keluar dari pintu gerbang. Gue gak langsung pulang ke rumah. Gue mampir dulu di pantai yang berlawanan arah dengan rumah . Gue parkirin motor kesayangan di dekat kayu yang udah lapuk karna sering kena air laut. Gue duduk bersandar dengan kayu yang juga berdampingan dengan motor gue. 

Melepaskan semua kejenuhan yang ada. Meski hari ini rasa jengkel gue udah berlalu. Tapi tetap saja merasa plong bila berada di sini. Gue membuka buku catatan kecil yang berisi setiap curahan hati. Gue menulis kata – kata yang berisi kalau gue kesepian, gak ada teman.
Rabu. Jam pertama Biologi. Gue berkutat dengan komik jepang kesukaan gue. “Selamat pagi anak-anak. Kita punya siswa pindahan hari ini. Masuk Ina Alina,” kata bapak biologi yang menyapa kami dengan gayanya yang to the point. “Silakan duduk Ina, kita langsung memulai pembahasaan hari ini,” lanjut bapak guru biologi.

Gue hanya melirik sisiwi baru yang namanya Ina saat ia duduk di depan gue. Gue duduk di pojok paling belakang dan menutup bacaan gue, memulai mendengarkan celoteh bahasan Biologi yang begitu garing. Siswa baru yang bernama Ina tadi memalingkan wajahnya kebelakang. Mata gue dengan Ina bertemu, deg ! Hati gue bergetar. Cepat – cepat gue mengalihkan perhatian ke depan, menatap papan tulis yang kini penuh dengan tulisan cakar ayam.

Maaf Ana By Dessy Aswida F

Begitu bel pergantiaan pelajaran menjerit dengan seraknya, gue langsung keluar tanpa melihat ke arah Ina. Gue menuju parkiran. Gue agak shock, kenapa saat mata gue bertemu dengan Ina, hati gue bergetar. “Oi ! Bengong aja kerjaannya. Gak ada kelas?” cewek yang waktu gue tolongin terkurung dalam toilet menyapa gue.
“Aa, lu kagetin gue. Kurang kerjaan apa?!” kata gue dengan nada suara agak meninggi.
“Hehehe, oops sorry kak, gue kagetin lu. Eh pertanyaan gue belon kakak jawab”
“Ada, tapi males aja masuk,” balas gue sambil duduk di atas motor yang ada di parkiran. Cewek yang barusan ngangetin gue juga ikut-ikutan ambil posisi di sebelah gue.
“Eh kak, thanks banget udah nolongin gue kemarin. Tapi kesannya gak enak banget ya ucapan thanks nya telat”
“Basi,” jawab gue singkat. Berharap cewek satu ini cepat – cepat enyah dari hadapan gue.
“He’eh makasih.”
“Eh lu kagak punya sopan santun? Manggil gue tadi pake elu-gue, yang mana senior? Gue atau lu?” Gue baru menyadari kalo ini bocah kelewatan banget ngomong nya gak ada santunnya .
“Ah iya, senior kakak, oops sorry. Kenalin, aku Ana Wildany.Oh ya nama kaka?”
“Egy.”
“O Egy, simple,” kata cewek yang baru gue tau namanya Ana. “Eh kak, kalo kakak gak masuk kita kantin aja yuk ah, laper ni,” sambung Ana yang kini menatap gue. Gue mikir sejenak, pagi tadi gue enggak sarapan, sekarang perut gue minta stok makanan. Gue anggukin aja kepala gue. Ana berjalan di samping gue, langkahnya ringan penuh semangat.”Periang,” Gue mendengus. 

Sepanjang jalan Ana terus berusaha mengajak gue bicara, tapi gue diam. Perut gue minta makanan, bukanya ngajak bicara mulu. Sesampai kantin, hanya ada beberapa siswa lain yang baru saja selasai olahraga. Gue memesan mie dan jus apokat plus susu coklat buat nambah stamina gue. Gue menyantap lahap tanpa melihat Ana lagi. 
“Ah, kakak makannya lahap kali. Eh alpukat? Kaya cewek aja kakak ni,” Ana celoteh sambil memegang mie dan jus alpukat di tangannya.
“Emang cewek doang yang minum jus alpukat?” balas gue sambil nerusin melahap mie yang terakhir dan minum jus.
“Yee, kakak ni.”
“Ah, jangan panggil gue kakak, jadi mules gue dengernya. By the way, lu kelas berapa?”
“Keliatan aneh ya? Gue juga merasa janggal panggil lu gituan. Gue kelas ah, gue lupa. Hahaha,” celoteh Ana sambil tertawa melihat tampang gue yang mungkin bengong sangak menunggu jawabannya. Gue langsung pasang wajah jutek lagi, semula tadi merasa nyaman sama nih anak, tapi dasar rewel dia ngerjain gue.
“OK, gue balik, makanan lu udah gue bayar,” Kata gue sambil berjalan.
“Ah thanks,” balas Ana sambil tersenyum.
“O, thanks juga udah buat gue…Ah bye,” kata gue lagi sambil berlalu.
Semenjak itu gue sama Ana semakin dekat, kami sering nonggkrong bareng. Gue dan Ana punya banya kesamaan. Hal itu membuat gue sama ntuh cewek semakin klop !

Matahari menyala terang. Hari ini gue datang telat, dan benar saja perkiraan gue kalo gue kagak di izinkan masuk kelas. Ah shit ! Gue menuju belakang kelas, jalan akses menuju parkiran sekolah. Tapi, tangan gue seperti ada yang menarik. “Hai,” kata orang yang di samping gue dan baru gue sadari kalo itu Ina. Gue hanya membalas dengan mengeryit kening. Jelas banget gue keliatan bingung, Ina kagak masuk sekaligus narik tangan gue. Ah ini cewek bener – bener dah !
“Gi, gue mau ngomong sama elu,” kata Ina yang berdiri berhadapan di depan gue. Gue sebernanya kikuk juga jam segini ngomong sama cewek saat jam pelajaran. Nanti kalau ketahuan pasti berabe dah. “Ya, ada apa?” Gue pasang wajah serius.

“Gue suka elu, pacaran yuk,” kata Ina yang langsung to the point. So, gue kaget minta ampun. Jujur aja, saat ini hati gue gak karuan saat bersama Ina, apalagi Ina ngungkapin perasaannya tanpa basa - basi dulu. Gue hanya diam menunduk menyembunyikan rona merah di pipi gue. Ina tau gue salting. “Egy? Gue udah suka elu saat gue pertama liat elu, mungkin itu yang namanya cinta pada pandangan pertama. Tapi gue gak bisa jelasin gue punya keberanian ungkapin semua perasaan gue sekarang. Jujur saja tiap kali gue liat elu, berharap kita lebih saling kenal. Tapi elu seperti menjaga jarak sama gue so, gue hanya bisa mikir cara seperti ini,” ungkap Ina yang begitu menggebu-gebu.

Gue terduduk diam menatap dua pohon rindang di depan parkir sekolah. Fikiran gue enggak jelas. Kalut. Tapi gue masih teringat jelas wajah Ina saat gue mengatakan ‘gue suka elu’ wajah yang berbentuk oval itu tersenyum bahagia melihat gue mengucapkan kalimat seperti itu. Gue sendiri gak yakin apa yang gue ucapkan selaras dengan apa yang gue rasakan. Tapi jujur saja tiap kali menatap Ina hati gue berdetak kencang. Mungkinkah karna kecantikan Ina? Atau memang perasaan cinta?

Mata gue terfokus pada apa yang di depan gue sekarang. Ombak yang bergulung - gulung menghempas ke tepian, angin laut yang berhembus menerpa wajah gue. Perasaan yang tak gue mengerti. Gue takut, bimbang, kacau. Gue meng-dial no Ana. “Eh lu lagi di mana? gue tunggu lu di pantai cemara,” Gue langsung menutup telpon. Gue gak berharap kali Ana bisa merubah suasana hati gue, tadi saja terdengar suara serak seperti baru bangun tidur. Gue memejamkan mata, berharap bisa menemukan jawaban. Lima menit, sepuluh menit, dua puluh menit, gue menangkap aroma parfume cewek. Mata gue masih terpejam rapat, gue pengen melayang terbang di antara burung – burung dan mencolek awan – awan yang putih bersih. Kepala gue tertahan pada sebuah benda, aroma parfume cewek semakin menyusup ke hidung mancung gue. Gue biarin aja mata gue tetap terpejam sampai gue terbangun dan mendapati gue baru bangun tidur di kamar. Tetapi keinginan gue barusan hanya berlangsung tiga detik sebelum suara Ana menyentak alam khayalan gue.
“Hai,” sapa Ana yang tanpa gue sadari tepat di sebelah gue. Kepala gue yang tertahan di atas benda yang enggak gue tau apa ternyata bahu Ana. Dan parahnya lagi sekarang masih di bahu Ana. Susah banget buat gue angkat kepala yang udah bertengger di bahu Ana. Ah.. gue biarin tetap di bahu Ana, toh Ana gak punya perasaan apa – apa sama gue. Just a friend.
“Hai juga bebek. By the way wangi amat parfume elu? Hoo udah sanggup beli sekarang ya? Hehehe”
“Sialan lu. Ah berat bener kepala lu, isi nya apaan kira-kira?”
“Kepala brilliant begini lu katain berat? Dasar lu bebek !” Kepala gue masih tertahan di atas bahu Ana, gue meraih tangan Ana melingkarkan tangan nya memeluk gue. Nyaman. 

Gue berharap akan terus begini. Tapi yang namanya Ana si bebek jelek tetap aja protes dengan perlakuan gue. Gue gak mengubris celoteh Ana, dan untuk menit yang entah keberapa mulut kecil nan tipis itu berhenti berkicau karna tertahan bibir gue. Shit ! gue mencium Ana. Masih mencium Ana dengan perasaan nyaman. Dan sesuatu mengejutkan gue, tangan Ana kini melingkar memeluk gue. DAMN ! Ana jatuh cinta sama gue dan itu telat gue sadari karna gue hanya mementingkan diri gue. Stop Egy ! Lu hanya akan menyakiti Ana, karna lu sekarang milik Ina. Gue membatin.
“Maaf bebek, gue salah !” Jelas Ana kaget dengan tingkah gue karna berkata begitu setelah menciumnya. Memberinya harapan, membuatnya melayang dan untuk sekian detiknya membuatnya patah hati.
“Lalu kenapa mencium gue Egy?” Mata bulat yang di miliki Ana kini mulai di hiasi bulir – bulir bening. Ana menangis. Gue khawatir menyakitinya terlalu dalam.

Kejadian kemarin sore membuat hubungan gue sama Ana seperti tak pernah kenal satu sama lain. Bukan gue sih yang menjaga jarak, tapi Ana yang berusaha menghindar dari gue. Gue udah mencoba menghubunginya berusaha menghapus kesalahan gue, tapi Ana tak pernah mau mengrespon kabar dari gue. Jelas dia trauma. Gue masih pacaran dengan Ina, tapi hati gue ternyata beneran jatuh cinta ke Ana. Ana yang kini jauh dan berubah. Maaf membuat mu terluka Ana Wildany.

Tentang Penulis :
Nama : Dessy Aswida F
TTL : Limau Purut, 6 Desember 1996
Alamat : Rukoh Darussalam, Banda Aceh

Cerita Terkait

Maaf Ana By Dessy Aswida F
4 / 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan cerita di atas? Silakan berlangganan gratis via email

FANSPAGE